Mengenal Belengu; Backmasking.

Backmasking merupakan suatu metode untuk membuat serangkaian kata didalam sebuah lagu dengan menyisipkan sebuah pesan tersembunyi, jika lagu tersebut diputar mundur. Backmasking adalah proses yang disengaja, sedangkan pesan yang ditemukan melalui pembalikan fonetik mungkin tidak disengaja. Metode ini sangat populer di kalangan artis Amerika untuk memberikan suatu pesan secara tidak langsung dalam lagunya. Unsur pembentukan kata secara mundur ini dapat didukung dari lirik yang telah ada ataupun dari musik lagu tersebut. Kata-kata yang terbentuk ini tidak selalu jelas, beberapa terdengar berbisik, sangat pelan, sedikit ribut sehingga perlu mendengarkannya beberapa kali dengan seksama. Namun, tidak sedikit pula yang terdengar sangat jelas sehingga dengan mendengarnya seperti biasa sudah bisa ditangkap.
Pemutaran terbalik ini (backward playing) diusulkan sebagai latihan untuk para magicians oleh okultis yang bernama Aleister Crowley yang terdapat dalam bukunya yang berjudul Magick (Book 4). Backmasking dipopulerkan oleh The Beatles tahun 1966 pada album mereka "Revolver", yang kemudian menerapkan metode ini di beberapa lagunya yang terkenal. Seperti yang tertara dalam lagu “Rain”. Lagu ini lah yang merupakan lagu mengandung pesan terbalik pertama kalinya dengan kesengajaan si pembuat.
Dengan tercetusnya konsep backmasking pada lagu band terkenal ini, tidak sedikit band-band terkenal dunia dan lokal menggunakan metode ini untuk berbagai tujuan. Backmasingpun merambat di dunia musik Amerika dan internasional dewasa ini. Seringkali, metode ini digunakan untuk menyembunyikan pesan yang tidak baik dikalangan musik pop maupun rock, adakalanya juga tehnik ini digunakan untuk mempromosikan satanisme, dan menyebutkan kata-kata kotor. Seperti lagu Stairways to Heaven oleh Led Zeppelin (lagu yang sering diputarkan pada saat latihan yoga), dan beberapa lagu yang dibawakan oleh Styx, Queen, Judas Priest, Pink Floyd, Slayer, dan masih banyak lagi (Rekomendasi untuk melihat Video documenter “Satanik kebudayaan modern”, di youtube).
Stairway to heaven - led zeppelin, jika diputar normal maka lirik seperti ini:

    If there's a bustle in your hedgerow,
    don't be alarmed now,
    it's just a spring clean for the May queen.
    Yes there are two paths you can go by,
    but in the long run there's still time
    to change the road you're on.

Jika diputar mundur/terbalik, hasilnya seperti ini:

    Oh here's to my sweet Satan.
    The one whose little path would make me sad,
    whose power is satan.
    He'll give those with him 666,
    there was a little toolshed where he made us suffer,
    sad Satan.

Untuk lebih jelas dapat dilihat dalam video berikut ini.

"Pada Kongres Amerika tahun 1985 Dr. Joe Stussy mengatakan : “Para ahli berpendapat, ketika pikiran sadar menyerap dan memahami pesan-pesan yang terlihat dan terdengar, pikiran bawah sadar bekerja untuk menguraikan pesan-pesan tersembunyi.

Artikel ini merupakan perkembangan dari artikel terdahulu yang berjudul Sigil Magic dan Media dan Dunia Hitam, Subliminal Message

Sumber:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Mengenal Belengu; Backmasking.
Ditulis Oleh Ilyaz Rahmat
Jika mengutip Artikel, diharap memberikan link yang menuju ke artikel Mengenal Belengu; Backmasking. ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Share this post :
close
close
 
Copyright © 2011. CUAP CUAP BERBAGI INFO YANG BERMANFAAT DAN BERGUNA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger