Membangun Jaringan Hotspot Pribadi

Pada masa ini, internet sudah merebak bagai jamur yang mengerogoti kehidupan kita. hampir seluruh aktifitas kita saat ini, dihabiskan untuk berinternet ria di depan computer. Seiring perkembangan zaman, banyak vendor komunikasi mengeluarkan berbagai jenis alat untuk menunjang per- internetan sehingga manusia tidak perlu lagi membawa benda yang begitu berat nan besar untuk berinternet. Alat ini sering disebut gadget.

Gadget merupakan alat yang praktis pada saat ini, dengan fasilitas yang terkesan wah!? dan kecanggihan yang begitu wow!? banyak pada penikmat perkembangan zaman yang tidak segan-segan mengeluarkan kocek lumayan dalam untuk membeli gadget. Namun, tidak perlu khawatir bagi kelas menengah karena persaingan akan membawa kepada titik peperangan pemasaran, sehingga vendor lain akan mengeluarkan produk tidak kalah sesuai dengan kebutuhan pasar.. hehehe..

Sesuai dengan pepatah "tidak ada gula tidak ada semut", sehingga mempunyai gadget saja mungkin belum lengkap tanpa adanya jaringan internet. Dengan sebab inilah para provider jaringan berpacu dengan mengeluarkan begitu banyak keunggulan dan fasilitas untuk menunjang per-internetan tanah air mulai dari jaringan GPRS hingga 3G, dan akhirnya 3.5G pun dikeluarkan untuk menarik minat pengguna. Namun yang menyedihkanya harga setiap paket internet tidak sesuai dengan kantong masyarakat kelas menengah, untuk itu kita harus memutar otak agar kita dapat menikmati internet walaupun secara massal. 

 "Sedih juga mendengar iklan yang hanya membeli secangkir kopi dengan harga puluhan ribu dan diminum dengan sedikit-sedikit hanya untuk berinternet lama".

Pada akhirnya kita memilih untuk mengunakan fasilitas wifi umum untuk memenuhi hasrat berinternet, mendownload aplikasi dan berjejaring sosial. Namun yang menjadi masalah adalah pengguna yang cerdas IT ataupun pengguna yang berlebihan saling berpacu dan bersaing hanya untuk berinternet, sehingga koneksi internet yang kita terima lambat dan bisa jadi tidak dapat koneksi sama sekali. Untuk itu, kita harus berinovasi untuk dapat berinternet agar aplikasi  gadget  yang kita butuhkan dapat didownload sepuasnya.

Kali ini saya akan berbagi tentang cara membangun jaringan hotspot pribadi. Daripada berbasa-basi lagi, langsung saja kita ke TKP.

Perlengkapan:
  1. Komputer/Laptop yang sudah memiliki Wifi.
  2. Modem apa saja sesuai kesanggupan (bila perlu, patungan beli paketnya.. hehehehe).
  3. Download driver MSRMesh-VirtualWIFI.MSI
Tata cara instalasi:
  • Instal driver MSRMesh-Virtual WIFI.MSI terlebih dahulu.
  • Setelah selesai instal drivernya, buka Command Prompt buka dengan run as administrator (All programs>Accessories>Command Prompt klik kanan dan klik "run as administrator").
  •  Masukkan perintah "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=TerserahAnda key=SukaHatiAnda" (tanpa tanda petik, untuk tulisan yang berlatar kuning [TerserahAnda] masukkan nama hotspot yang anda sukai dan untuk berlatar hijau [SukaHatiAnda], anda masukkan password yang anda bisa ingat [minimal 8 huruf atau anda bisa padukan antara angka dan huruf]).
Tampilan Command Prompt Perintah
  •  Kemudian "Enter", akan muncul tampilan berikut:
Tampilan Command Prompt Hasil
  • Jangan di exit Command Promptnya, kita bergulir ke "Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center". 
  • Disebelah kiri, cari "Change adapter settings", pilih lokasi modem anda kemudian klik "Properties".

Tampilan Control Panel
  •  Dalam tab "Properties", pergi ke tab "Sharing" beri tanda centang pada semua kolom.
  • Dan masih di tab "Sharing" ubahlah pada Home Networking Connection dengan "Wireless Network Connection 2" atau yang bisa "Wireless Network Connection 3".
  • Klik "Oke" dan re-connect modemnya.
  • Kembali ke Command Prompt tadi, kemudian masukkan perintah "netsh wlan start hostednetwork" (tanpa tanda petik) untuk mengaktifkan Wifi Hotspot.
  • Selesai anda bisa menngunakan Hotspot pribadi anda secara massal dan terorganisir.

 Selamat Mencoba!!?

Sumber : Mendem Teknologi

No comments

Powered by Blogger.