Menaikkan Performa Windows 7

Ada Trik dan Tips nih, bagi penggemar windows 7. Walaupun hasil copas yang penting informasi dapat dinikmati oleh semua kalangan.
  • Memangkas (Tweak) Penggunaan Memory (RAM) Dengan Menonaktifkan Services Yang Tidak Digunakan
Windows 7 memiliki services-services yang aktif setiap waktu, hal ini akan mengakibatkan pengunaan memory yang berlebihan pada sistem komputer kita, walaupun kita tidak membutuhkan fasilitas services tersebut. Setiap services yang digunakan jelas sangat berbeda-beda sesuai dengan aktifitas kerja kita sehari-hari apalagi jika komputer yang kita gunakan memiliki memory yang terbatas. Akan terasa berbeda apabila aktifitas kerja sistem kita diperuntukkan hanya tujuan mengetik, aktifitas yang terkait dengan jaringan, aktifitas full dengan game, jelas ada services-services yang tidak digunakan. Oleh sebab itu, tidak salah jika kita men-setting ulang services dari sistem windows 7 yang kita miliki sehingga tidak terjadi kemubaziran penggunaan memory.
Dari pada berlama-lama, kita to the point aja ya..
  1. Ketikan services.msc pada start menu search bar lalu tekan enter
  2. Akan muncul jendela services, disanalah terdaftar service-service yang ada pada windows seven beserta keterangannya.
  3. Untuk menonaktifkan service, klik kanan service yang ingin anda nonaktifkan kemudian pilih properties, misalnya anda ingin menonaktifkan service computer browser, maka klik kanan computer browser kemudian pilih properties
  4. Akan muncul jendela service properties, untuk mematikan service klik tombol stop, namun ini hanya akan mematikan service untuk sementara, service tersebut akan kembali dijalankan saat komputer anda start up.
  5. Untuk menonaktifkan service secara permanen, klik menu dropdown yang terdapat pada bagian start up type kemudian pilih disable
Disini anda harus melakukan uji coba sendiri untuk menemukan konfigurasi yang paling tepat untuk sistem anda, jangan takut akan terjadi error karena anda tetap bisa mengaktifkan service tersebut kembali atau mengembalikannya ke kondisi defaultnya, atau jika anda membuat sistem restore terlebih dahulu anda bisa lebih tenang dalam mengutak-atik sistem.
Namun saya akan memberikan anda sedikit pencerahan, berikut  ini akan dilampirkan daftar lengkap service-service yang ada pada windows 7 beserta keterangannya, disamping itu pada kolom contoh tweaking.
Contoh Kasus :
Saya memberikan konfigurasi yang disetting pada komputer saya, komputer saya merupakan komputer “stand alone” yang tidak terkoneksi ke jaringan lokal (LAN) namun terkoneksi ke jaringan Internet, jika anda memiliki kondisi yang serupa bisa menerapkan konfigurasi yang saya berikan, sejauh tidak mengalami permasalahan (aman).

  • Sistem Cache Flash Disk (Readyboost)
ReadyBoost merupakan fitur dari vista yang ternyata masih dibawa oleh windows 7, fitur ini akan menjadikan USB Flash Disk atau SD card anda sebagai cache tambahan bagi memory (RAM) anda, karena membaca dari flash disk lebih cepat 80-100 kali dari hard disk. ReadyBoost bukanlah pengganti RAM seperti yang banyak disalah artikan, keberadaan fungsinya lebih mirip sebagai swap atau virtual memory, jadi tugasnya hanya sebagai penyokong saja dan bukan pengganti RAM, namun walaupun demikian fitur ini sangat terasa sekali manfaatnya apalagi bagi anda yang memiliki kepasitas RAM yang pas-pasan.
Untuk dapat memanfaatkan fitur readyboost, USB flash disk harus tetap terpasang pada komputer, untuk itu sebaiknya anda menyediakan UFD yang memang dikhususkan untuk readyboost, kapasitas minimal UFD agar bisa digunakan untuk readyboost adalah 256MB, tapi lebih besar kapasitas UFD yang anda punya tentu saja akan lebih baik.
Untuk memanfaatkan UFD anda sebagai readyboost, colokan UFD anda ke komputer, kemudian akses start menu > computer, klik kanan icon drive UFD kemudian pilih properties
Pada jendela properties klik tab readyboost, jika anda ingin menggunakan seluruh kapasitas UFD, tandai pilihan dedicated this device to ReadyBoost, tapi jika anda hanya ingin menggunakan sebagian dari kapasitas UFD tandai pilihan use this device kemudian tentukan besar kapasitas UFD yang akan anda gunakan.
  • Mematikan Search Indexing
Search indexing berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file, fitur ini akan sangat berguna bagi anda yang memang sering melakukan pencarian file, tapi ada dampak negatif-nya loh karena ternyata Fitur search indexing ini cukup membebani sistem.
Untuk itu bagi anda yang jarang melakukan pencarian file anda dapat mematikan fitur ini untuk memperoleh performa sistem yang optimal, caranya:
  1. Run > ketik “computer management” (tanpa tanda petik)
  2. Akan muncul jendela computer management, klik menu service and aplication lalu pada panel disebelahnya klik service 
  3. Cari dan klik ganda windows search
  4. Akan muncul jendela windows search properties, klik menu dropdown pada bagian Start up type kemudian pilih disabled
  5. Terakhir klik OK
Fitur-fitur windows yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan sebaiknya dimatikan saja, karena dapat meringankan beban sistem anda, untuk mematikan fitur-fitur windows ketikan windows faeture pada start menu search bar lalu tekan enter
Selanjutnya akan muncul jendela Windows Faetures disana terdapat daftar fitur-fitur windows, fitur yang diberi tanda centang merupakan fitur yang terinstall pada komputer anda, nah untuk menonaktifkan fitur-fitur tersebut anda tinggal menghilangkan tanda centangnya saja, sebagai contoh kita akan menonaktifkan internet explorer maka kita tinggal menghilangkan tanda centang pada bagian internet explorer.
  • Mempercepat Menu Delay
Dengan tweak registry berikut, waktu delay pada sistem anda akan berkurang. Menu delay adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengakses menu-menu yang ada pada toolbar. Dengan kita men-tweak registry ini kita dapat memangkas waktu proses sehingga dapat terbuka dengan cepat.
Caranya :




Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop]
"MenuShowDelay"="8"
Masukkan tulisan berikut pada notepad dan save dengan nama terserah anda dengan ekstensi .reg dibelakang nama file notepad. contoh: delay.reg
Angka 8 tersebut bisa anda ganti-ganti berdasarkan waktu delay yang anda inginkan (dalam milidetik), bisa anda ganti 20, 10 atau bahkan 0 terserah anda.
  • Menutup Paksa “Not Responding Program”
Windows membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menutup program yang not responding ini, dengan registry tweak berikut ini anda bisa memaksa windows untuk segera “menghabisi” not responding program tanpa harus menunggu lama.
Kali ini kita akan menggunakan cara lain untuk melakukan modifikasi registry, kita tidak perlu mengakses registry editor seperti yang sudah-sudah, melainkan hanya menuliskan beberapa baris script di notepad, tidak ada alasan lain mengapa kita melakukannya menggunakan cara ini melainkan hanya sekedar variasi saja , bahwa mengedit registry tidak hanya bisa dilakukan melalui registry editor tetapi juga bisa menggunakan script yang ditulis pada notepad.
Untuk itu buka program notepad anda kemudian ketikan script berikut ini:

Windows Registry Editor Version 5.00
HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop]
"AutoEndTasks"="1"
"HungAppTimeout"="1000"
"WaitToKillAppTimeout"="2000"
"LowLevelHooksTimeout"="1000"
 Masukkan tulisan berikut pada notepad dan save-as dengan nama terserah anda dengan ekstensi .reg dibelakang nama file notepad. contoh: paksa.reg
Jika anda ingin melakukan modifikasi secara manual melalui registry editor juga boleh, anda tinggal mengakses key diatas kemudian mengedit string berdasarkan value data yang ada pada script diatas.
Angka-angka yang terdapat pada script (1000 dan 2000) itu bisa anda ubah-ubah nilainya dengan angka yang anda inginkan (dalam milidetik).

Informasi lebih lanjut dapat mengakses sumber dengan judul "Mempercepat Windows : 16 Langkah Membuat Windows 7 Anda Ngebut….!!"
 
 Sumber : eridesktop.com
Powered by Blogger.